Wednesday, May 24, 2006

Anekdot

THR Buat Jacques Derrida

Anda kenal dengan teori Dekonstruksi? Bagi anak-anak filsafat, istilah ini tentu tidak asing lagi. Bagi yang belum tahu, Jacques Derrida itulah pendiri teori Dekonstruksi. Ia adalah filsuf kontomporer yang lahir pada 15 Juli 1930 dan meninggal pada 8 Oktober 2004. Untuk mengenang masa hidupnya, ada cerita menarik yang membuat kita tak mempercayainya.

Suatu hari, Derrida berkunjung ke Yogyakarta mengkampanyekan teorinya, Dekonstruksi. Di tengah perjalanan kampanyenya itu, ia kehabisan uang. Namun seorang koleganya dari Filsafat UGM yang sama-sama berkantong kering menenangkan dia. “Tenang, Da. Ini bulan Ramadhan, besok pasti ada pembagian THR (tunjangan hari raya) di kampus,” kata koleganya.Esoknya, dengan mantap, keduanya datang ke kampus. Namun di kampus mereka hanya menemukan pengumuman: “THR tak ada. Kemungkinan eksistensinya sedang diperdebatkan di kuliah Sejarah Filsafat Barat II.”

Gus Dur Kecapean di Mobil

Sebagai seorang figur masyarakat, tentu sosok seperti Gus Dur susah mendapatkan waktu senggang. Hari-harinya dipadati dengan kunjungan dari satu kota ke kota lain. Suatu kali, Gus Dur mengagendakan lawatan berikutnya dari Kediri ke Surabaya. Di sana dia telah ditunggu ribuan jamaah Nahdiyin. Padatnya acara minggu itu membuat Gus Dur kecapean dan tertidur selama perjalanan menuju Surabaya. Baru sampai di Jombang, tiba-tiba ban mobil yang ditumpanginya bocor. Sopir segera memparkirkan mobilnya dan mengecek bannya. Kebetulan di sebrang jalan dari tempat parkir mobil itu ada pengajian. Suara gaduh dari jamaah pengajian tentunya sangat kedengeran.
Tiba-tiba Gus Dur keluar dari pintu mobil dan melambai-lambaikan tangannya. “Hidup NU… hidup NU… hidup NU,” teriak Gus Dur. Sopir Gus Dur jadi terheran-heran bercampur panik. “Gus, Gus, kita belum sampai di Surabaya. Karena bannya bocor, kita berhenti sebentar di Jombang,” kata sopir. “Siapa yang bilang kita udah sampai. Orang saya cuma becanda doang kok,” celoteh Gus Dur.

Jakarta, Miftah

1 Comments:

Blogger little-star said...

Ha....ha.....ha.....

11:56 PM  

Post a Comment

<< Home